• bg.jpg

Baru! Stasiun Penyedia Listrik Umum di Pantai Padang

PADANG – Menggeliatnya sektor pariwisata di Kota Padang saat ini, juga diikuti dengan bermunculannya dukungan dari stakeholder. Salah satunya dari PT. PLN (Persero) Area Padang. Sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan itu membuat terobosan dengan menyediakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang kali pertama di Kota Padang. Upaya ini guna menjawab kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan kemudahan pengisian listrik di tempat umum.

Peresmian SPLU yang berlokasi di pinggir Pantai Cimpago itu pun dilakukan Walikota Padang, Jumat (27/10/2017) siang. Turut hadir Manajer PLN Area Padang Paris El Hakim beserta jajaran, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Padang Medi Iswandi, Camat Padang Barat Eri Sendjaya, Unsur Forkopimka Padang Barat serta lainnya.

Menurut Manajer PLN Area Padang Paris El Hakim, pemasangan SPLU ini merupakan langkah awal dari PLN dalam menjawab kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan kemudahan pengisian listrik di tempat umum. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi para pelaku bisnis di sekitar SPLU. Seperti bagi EO (Event Organizer) ataupun para pedagang kaki lima (PKL) yang biasa nyolok listrik atau menggunakan ganset. Tak hanya itu, SPLU juga sekaitan menyongsong bermunculannya era kendaraan listrik yang ramah lingkungan ke depan.

“Dengan menggunakan SPLU ini, masyarakat akan bisa lebih menghemat pengeluaran serta memberikan rasa aman dalam penggunaannya. Dengan ini tentu akan lebih aman, murah dan terjamin penggunaannya," jelasnya.

Ia melanjutkan, saat ini kebutuhan listrik khususnya di tempat umum meningkat seiring dengan penggunaan barang elektronik seperti telepon genggam yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Sementara pemilihan lokasi SPLU ini didasari dari potensi kawasan wisata Pantai Cimpago Padang selaku salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Padang.

"Semoga adanya inovasi ini masyarakat dapat semakin dimudahkan dalam memenuhi kebutuhan akan listrik yang mudah. Kami juga berharap kita dapat sama-sama menjaga fasilitas ini agar dapat terus dirasakan manfaatnya untuk seluruh masyarakat," harap Paris El Hakim.

Lebih lanjut Paris El Hakim menambahkan, pihaknya akan terus bersinergi dengan pemerintah kota maupun kabupaten dalam menyosialisasikan produk terbarunya ini. PLN siap menyediakan layanan SPLU di setiap titik yang memang membutuhkan, selama wilayah tersebut tidak termasuk dalam zona larangan (zona merah) dan mendapatkan perijinan dari pemerintah setempat.

Sementara terkait cara penggunaan SPLU, ia menunjukkan pertama catat nomor meter, beli pulsa listrik dan lalu masukkan nomor token sehingga siap digunakan.

“Insya Allah dalam hal ini PLN akan meluncurkan sebanyak 34 SPLU yang tersebar di beberapa kota di Sumatera Barat. Kemungkinan 50 persennya dibangun di Kota Padang, seiring jumlah dan masyarakatnya yang dinamis dan faktor lainnya,” imbuhnya.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah melengkapi kebutuhan masyarakat melalui SPLU. Menurutnya, dengan ini juga akan mendorong menggeliatnya perekonomian khususnya di kawasan dimana SPLU dibangun nantinya.

"Mudah-mudahan, dengan hadirnya SPLU ini akan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan sebaik-baiknya. Di samping itu demi keamanan dan kenyamanan diharapkan koordinasi yang baik antara masing-masing pihak terkait. Sekali lagi kita mengucapkan terima kasih dan selamat kepada PLN semoga semakin menerangi Indonesia khususnya Kota Padang ini," ungkap Mahyeldi sembari meresmikan SPLU yang ditandai dengan pengguntingan pita dan pemakaian langsung SPLU tersebut.(David)