• bg.jpg

Razia Gabungan Pola Sidang di Tempat

Kegiatan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat Riksa Ranmor yang dilaksanakan bersama Instansi terkait seperti Polisi, Jasa Raharja, PM, Hakim dan Jaksa dengan Pola Sidang ditempat, yang di laksanakan di Kota Bukittinggi selama 2 hari yaitu Selasa dan Rabu pada tanggal 31 Oktober s/d 1 November 2017.

Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah, untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan para pengguna jalan agar mereka dapat lebih tertib dalam berlalu lintas dan selamat sampai tujuan.

Dalam kegiatan tersebut target kendaraan yg diperiksa oleh petugas adalah Angkutan Umum, Angkutan Barang dan Penumpang. Dari hasil pemeriksaan terdapat berbagai jenis pelanggaran mulai dari kendaraan yang wajib uji tidak dilengkapi surat keterangan uji berkala dan tanda lulus uji berkala, mobil barang untuk mengangkut orang tanpa dokumen perjalanan, angkutan barang tidak mematuhi ketentuan tata cara pemuatan, daya angkut serta dimensi, tidak memiliki izin trayek, kendaraan yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan seperti : segitiga pengaman, kotak P3K, racun api dan lain sebagainya, serta kendaraan yang pajak mati.

Sedangkan kasus kendaraan bermotor atau roda dua jenis pelanggaran lebih dominan karna tidak memakai helm, kaca spion khusus, surat kendaraan maupun SIM si pengemudi. Pengendara/ pengemudi yang melakukan pelanggaran langsung ditindaklanjuti dengan sidang ditempat oleh hakim dan membayar denda sesuai undang-undang yang berlaku.