Besok Pembacaan Putusan MK Sengketa Pilkada Pesisir Selatan

34

MEDIASUMBAR l PAINAN – Sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) yang diajukan oleh Pasangan Calon Nomor Urut 01, Hendrajoni dan Hamdanus ke Mahkamah Konstitusi akan segera mendapatkan titik terang. Mahkamah Konstitusi telah menjadwalkan Sidang Pembacaan Putusan atas perkara tersebut.

Pada dua sidang sebelumnya Mahkamah Konstitusi telah mendengarkan pembacaan permohonan oleh Pemohon, dan penyampaian jawaban oleh Termohon, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, serta mendengarkan keterangan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalil-dalil dan bukti-bukti juga telah disampaikan. Kini keputusan ada pada Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi. Masyarakat Pesisir Selatan menunggu hasil sidang tersebut.

Hal tersebut dibenarkan Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar, SE, MM, selaku Termohon.

Epaldi mengatakan, Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah akan digelar besok, Selasa (31/8/2021) pukul 10.00 WIB. Dengan agenda Pembacaan Putusan dari Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi.

“Bagaimana hasilnya kami (Termohon) masih belum tahu. Sama-sama kita saksikan dan dengarkan pada sidang nanti,” katanya.

Untuk diketahui, proses sengketa di Mahkamah Konstitusi terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Pesisir Selatan telah diajukan oleh Pasangan Calon Hendrajoni dan Hamdanus sebanyak 3 kali (termasuk yang diajukan sekarang)

Kemudian,Hasil Perolehan Suara Pilkada Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2020, Pasangan Calon Nomor Urut 1 (satu) Hendrajoni – Hamdanus, memperoleh suara sebanyak 86.074 suara, Pasangan Calon Nomor Urut 2, Rusma Yul Anwar – Rudi Hariyansyah, sebanyak 128.922 suara dan Pasangan Calon Nomor Urut 3, Dedi Rahmanto Putra – Arfianof Rajab, sebanyak 10.220 suara. (CN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here