Tim Satgas Covid 19 Ranah Pesisir Bersama MTsN 12 Pesisir Selatan Gelar Kegiatan Vaksinasi Disekolah

52

MEDIASUMBAR | PESISIR SELATAN – Guna percepatan penanganan Covid -19 serta menunjang program pemerintah tentang Herd Immunity (Kekebalan Bersama) secara nasional, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 12 Pesisir Selatan bersama Satgas Covid Kecamatan Ranah Pesisir serta TNI-Polri gelar kegiatan vaksinasi Pelajar.

Kegiatan yang digelar pada Jumat (24/9/2021) pagi tersebut dilakukan dihalaman MTsN 12 Pesisir Selatan dengan dihadiri oleh Camat Ranah Pesisir Zul Arzil, S.Sos dan Kapolsek Ranah Pesisir IPTU Andi Yanuardi, SH serta anggota Koramil dan juga petugas Puskesmas Balai Selasa Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan.

Kegiatan tersebut juga diikuti dengan antusias oleh para siswa, dan sebelum mendapaykan dosis vaksin pertama, para siswa mengikuti beberapa tahap yang diantaranya melakukan Pra-registrasi (dilakukan untuk mengetahui sasaran yang akan mendapatkan vaksinasi) dilanjutkan ke Meja screening (dilakukan pengecekan suhu,tekanan darah, dan hal-hal terkait agar dapat melanjutkan ke proses vaksinasi) dan ke Meja injeksi (proses vaksinasi berlangsung) hingga Observasi (giat menginput data pasien yang selanjutnya akan mendapatkan setifikat vaksinasi).

Sebelumnya, Para Tenaga Pendidik serta karyawan MTsN 12 Pesisir Selatan tersebut telah lebih dahulu mendapatkan dosis vaksin pertama yang dilakukan di Puskesmas Balai Selasa. Kepala MTsN 12 Pesisir Selatan, Rajab, S. Ag didampingi Wakil Kurikulum Asrijal, M. Ag mengatakan. Pihaknya sangat berterimakasih kepada Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan yang telah memfasilitasi para guru karyawan hingga siswa MTsN 12 Pessel untuk mendapatkan dosis vaksin pertama.

“Kita selaku pihak sekolah sangat berterimakasih kepada Satuan Petugas yang telah memfasilitasi sekolah kita mendapatkan dosis vaksin yang juga turut membantu kegiatan yang kita gelar disekolah kita ini. untuk Dosis Vaksin tersebut juga tak hanya didapatkan oleh para siswa kita, bahkan para guru-guru, dan karyawan MTsN 12 Pesisir Selatan pun juga. ” Ungkap Rajab.

Dengan mulai meningkatnya keinginan masyarakat dalam memperoleh vaksin, sehingga Camat Ranah Pesisir Selatan Zul Arzil selaku Ketua Tim Satgas Kecamatan Ranah Pesisir juga mengatakan. Pihaknya saat ini terkendala dengan jumlah Dosis Vaksin yang tersedia, sehingga pihaknya akan mengupayakan untuk mendapatkan jumlah dosis vaksin tersebut.

“Dikecamatan Ranah Pesisir ini keinginan masyarakat untuk mendapatkan Dosis vaksin covid-19 kian bertambah, sehingga kita sedikit terkendala dengan jumlah vaksin yang tersedia untuk masyarakat kita, namun dalam hal ini kita juga tentu mengupayakan agar ketersediaan jumlah dosis vaksin dapat mencukupi dengan jumlah masyarakat yang akan mendapatkan vaksin tersebut.” Tutur Camat Ranah Pesisir.

Zul Arzil juga menambahkan, di lingkungan sekolah-sekolah yang berada di Ranah pesisir pun pihaknya selalu melakukan koordinasi, bahkan hingga saat ini menurut nya untuk karyawan serta tenaga pendidik disekolah-sekolah hampir seluruhnya sudah divaksin.

“Untuk saat ini kita selalu melakukan koordinasi yang baik bersama pihak-pihak sekolah yang berada diwilayah kecamatan Ranah Pesisir, Dengan dibantu TNI-Polri kita juga bergiliran kunjungi sekolah-sekolah yang ada diwilayah kita. Bahkan untuk saat ini para karyawan serta guru disekolah-sekolah yang telah divaksin sudah mencapai 80 persen,” terang Zul Arzil

Dengan mendapat pengawalan serta pendampingan dari TNI-Polri, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Ranah Pesisir. Kapolsek Ranah Pesisir IPTU Andi Yanuardi, SH menjelang kegiatan terlaksana juga melakukan sosialisasi dan edukasi, baik itu kepada para guru-guru dan para pelajar. Tak hanya itu, Kapolsek bahkan juga memaparkan langsung terkait vaksin Virus Covid-19 tersebut dan juga memantau kegiatan yang berjalan hingga selesai acara.

“Dalam kegiatan tersebut kita mensosialisasikan dan memaparkan untuk menunjang program pemerintah tentang herd immunity (kekebalan bersama) secara nasional, sehingga masyarakat paham akan perlunya dilaksanakan percepatan vaksinasi secara menyeluruh. Sebab yang sama kita ketahui saat ini Kabupaten Pesisir Selatan di Provinsi Sumbar berada di posisi paling bawah dalam hal jumlah masyarakat yang sudah vaksin. Sehingga kita rasa sangat perlu melakukan jemput bola atau langsung turun ke tengah-tengah masyarakat,” ujar Kapolsek Ranah Pesisir.

“Kita berharap seluruh masyarakat, khususnya para guru-guru MTsN 12 Pessel mendukung percepatan program vaksinasi Nasional. Serta selalu mematuhi protokol kesehatan, dengan cara memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan atau menggunakan handsanitaizer,” tutup IPTU Andi Yanuardi. (R)