Rusma Yul Anwar Hadiri Pemberian Ijazah Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Sabilul Jannah

22

MEDIASUMBAR | PESISIR SELATAN   Bupati Pesisir Selatan, Drs Rusma Yul Anwar, M.Pd menghadiri pemberian ijazah ke-14 Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Sabilul Jannah Timbulun, Nagari Aurduri Surantih, Kecamatan Sutera, Sumatera Barat, Kamis (09/06/2022).

Acara ini terdiri dari tiga rangkaian, yaitu Milad ke-19 MTI Sabilul Jannah (2003-2022), Pemberian ijazah dan Wisuda tahfiz Quran.

Turut hadir, Kamenag diwakili Kasi PD Pontren, Tarbiyah-Perti yang diwakili Dr. Heri Surikno, MA, Camat Sutera, Salman Alvarizi Brutu, Kapolsek Sutera, Kepala KUA Toni Nasrianto, Pimpinan Ponpes Se Pessel, Tokoh masyarakat dan Alumni.

Dalam sambutannya, Rusma Yul Anwar menyampaikan, bahwa pendidikan itu secara umum tidak lepas dari tiga hal seperti kognitif (pengetahuan), psikomotor (keterampilan) serta afektif (sikap) termasuk didalamnya adalah nilai adat dan budaya dengan begitu kita akan selalu bisa eksis dimanapun dan kapanpun.

Rusma Yul Anwar juga menyampaikan, beberapa pesan dan harapan dalam acara pemberian ijazah tersebut agar para santri senantiasa memperdalam ilmu agama sebagai modal untuk mengahadapi kehidupan dan jangan merasa cepat puas, tingkatkan kemampuan agar dapat terjun dalam membina masyarakat.

“Aplikasikan ilmu yang sudah didapat ditengah-tengah masyarakat dengan cara semangat dalam beribadah yang akan menjadi contoh teladan bagi masyarakat,” ucap Rusma Yul Anwar.

Bupati Pessel juga mengapresiasi Pondok Pesantren MTI Sabilul Jannah yang telah mewisuda Hafizh Alqur’an 24 orang Santri.

“Bagi penghafal Al Quran nanti, para orangtuanya akan diberi mahkota di Surga kelak. Maka berbahagialah orangtua yang telah mendidik anaknya menjadi Hafidz Qur’an. Begitu juga pahala bagi penghafal Al Qu’ran,” ujar Rusma Yul Anwar.

Rusma Yul Anwar berharap generasi Pesisir Selatan tidak hanya bisa menghafal Al Quran, akan tetapi juga bisa menjadikan Al Qur’an sebagai panduan hidup, sehingga hidup selamat dunia dan akhirat.

Menurutnya, orang yang bersama Alquran tidak akan pernah salah jalan. Sebab, jika Al Quran masuk ke dalam jiwa seseorang, dia juga akan berakhlak Al Qur’an.

Oleh Karena itu, lanjut Rusma Yul Anwar, harus menjaga akhlak dan perilaku sesuai dengan ajaran dalam Al Quran.

“Insya Allah dengan visi misi dan integritas kami mengajak seluruh Masyarakat terkhusus Pondok Pesantren Sabilul Jannah untuk berkolaborasi membangun umat dan daerah dalam rangka mewujudkan generasi emas, generasi Islam, generasi penerus nantinya,” tutup Rusma Yul Anwar.

Sementara itu, Pimpinan Pasantren tarbiyah Islamiyah Sabilul Jannah., Buya Dalisman, S.Pdi mengucapkan terima kasih yang tinggi atas kehadiran Bupati Pessel berserta rombongan dan serta pengurus maupun hadirin para undangan dan teristimewa para alumni yang sangat terpaut hatinya untuk kemajuan Pondok Pesantren MTI sabilul Jannah ini.

Buya Dalisman menyampaikan, program Tahfiz merupakan salah satu unggulan di Pondok Pesantren MTI Sabilul Jannah.

“Bahwa terdapat alumni MTI Sabilul Jannah yang tahfiz sampai 30 juz,” imbuh Buya Dalisman.

Lanjut, Program unggulan ini sudah banyak dilakukan oleh sekolah-sekolah lain, tapi program di MTI Sabilul Jannah seiris dengan pendalaman kitab kuning.

“Pondok Pesantren MTI Sabilul Jannah bukan hanya melahirkan para tahfiz, tapi juga tahfidz yang mampu memahami Al-Quran,” pungkas Buya Dalisman.